Claude Lanzmann, yang membuat film dokumenter epik berdurasi 9 jam Shoah (1985), mengatakan bahwa Holocaust tidak boleh digambarkan dalam film fiksi.

“Fiksi adalah pelanggaran,” katanya. “Saya sangat yakin ada beberapa hal yang tidak dapat dan tidak boleh direpresentasikan.”

Lanzmann tidak menggunakan rekaman arsip dalam film dokumenternya. Dia mewawancarai orang-orang yang selamat dari kamp kematian, orang-orang yang mengambil bagian dalam organisasi tersebut dan melakukan pembunuhan – semuanya adalah saksi mata – dan dia berjalan di sekitar kamp. Itu fasih dan kuat seperti sinema dan sejarah, tetapi apakah ini satu-satunya cara?

Kunci Sarah adalah sebuah karya fiksi. Novel karya penulis Perancis Tatiana De Rosnay ini telah terjual sekitar 2,5 juta kopi di seluruh dunia.

Novel John Boyne untuk pembaca muda, The Boy in the Striped Pyjamas, terjual sekitar 5 juta eksemplar. Yang jelas, banyak sekali orang yang ingin membaca fiksi tentang Holocaust. Mungkin adil untuk mengatakan bahwa banyak dari kita memperoleh banyak pengetahuan tentang Holocaust dari film fiksi dan novel, dibandingkan dokumenter. Daftar Schindler dan Hidup Itu Indah adalah hit besar tetapi angkat tangan mereka yang melihat Shoah?

Tak satu pun dari film fiksi ini dibuat oleh seseorang yang ada di sana; buku-buku di atas juga tidak ditulis oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan langsung. Dalam waktu dekat, tidak akan ada lagi orang yang memiliki pengetahuan tersebut. Andai saja orang-orang yang ada di sana menulis tentang hal itu, maka cerita seperti ini akan berhenti.

Masalah terbesar dalam karya fiksi di bidang ini mungkin adalah hiperbola. Fiksi dibuat berdasarkan hal yang dilebih-lebihkan, namun hal yang berlebihan tidak terlihat pada Holocaust – terlalu banyak orang yang menganggapnya sebagai hal yang dilebih-lebihkan, sebuah “klaim”. Melebih-lebihkan adalah sejenis pengkhianatan. Holocaust itu begitu besar, begitu sulit dimengerti, begitu biadab, sehingga hal itu sendiri sulit dipercaya. Kebanyakan film fiksi tentang Holocaust gagal pada tingkat tertentu karena mereka tersesat dalam mencoba menjelaskannya. Mereka menjadi dibuat-buat, melodramatis, sentimental. Tonton Film Kunci Sarah Online

Sarah’s Key meluncur menuju beberapa jebakan ini, namun tetap saja ini adalah sebuah cerita yang terampil dan kuat. Ia tidak mencoba untuk mengambil terlalu banyak: aksi ini terbatas pada Perancis pada tahun 1942, dan tidak berlanjut ke kamp kematian di Polandia dan Jerman. Narasinya terbagi antara tahun 1942 dan saat ini. Hal ini memperluas cakupannya melampaui penggambaran kejadian sebenarnya. Sebagian besar film ini mengeksplorasi dampaknya: bagaimana Holocaust berdampak pada para penyintas dan bagaimana Holocaust masih berdampak pada anak-anak mereka. Untuk Melihat Full HD : Film gratis untuk ditonton online

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *