Masa depan EVOS Divine terjawab, ini alasan Manay cari staf pelatih tambahan

Seperti apa masa depan EVOS Divine di tahun 2024? Semua terjawab di sini.

EVOS Divine masih menjadi sorotan di akhir tahun bagi para pecinta scene kompetitif Free Fire. Di tahun 2023, mereka hampir tak meraih kemenangan apa pun khususnya turnamen FFML di Season 7 hingga Season 8.

Belum lagi soal lolos ke turnamen Internasional seperti FFSI hingga FFWS. EVOS Divine di sini berbeda nasib dengan saudara jauhnya di Thailand, EVOS Phoenix.

EVOS Phoenix, EVOS, Free Fire
Buriram x EVOS, FFPL Season 8 Champion | Kredit: Garena, BRU Namo

Tidak banyak perubahan bisa jadi faktor mendasar EVOS Divine minim prestasi di tahun ini. Manajemen harus cepat ambil tindakan.

Popularitas EVOS Divine jauh tertinggal dibanding tim-tim lain, bahkan sekelas tim baru bisa lebih unggul dibanding sang Macan Putih.

Head of Esports EVOS, Muhammad Refie “ONER” Fakhreno pun membuka rencana masa depan divisi Free Fire, EVOS Divine dan beberapa hal lainnnya.


ONER bicara tentang perombakan besar EVOS Divine, ada pemain yang akan digantikan

Mobile Legends, MLBB
Dhonzan Syahputra/ONE Esports

Bersama dengan Esports ID, ONER terang-terangan memberi respons tentang pencapaian divisi di EVOS Esports mulai dari Mobile Legends hingga Free Fire.

Bicara soal divisi Free Fire, ONER menyatakan bahwa pencapaian AimGod dkk meningkat namun belum maksimal.

“Dari (divisi) Free Fire sekarang kami finis di posisi ke-5, walau bisa dibilang ada peningkatan dari musim lalu, kalau tidak salah musim lalu juga finis di posisi ke-5, 4 atau 5 cuma belum bisa kasih hasil yang maksimal,” ucap Oner.

EVOS Divine, EVOS Esports, FFML Season 8, FFML, Free Fire
Kredit: EVOS TV

“Belum bisa juara dan belum bisa (lolos) ke FFWS,” tuturnya.


Oner menambahkan pihak manajemen langsung melakukan evaluasi besar terhadap hasil yang diraih dari FFML Season 8. Kendati demikian, mereka masih menjalani turnamen lain beberapa waktu yang lalu yakni AXIS CUP.

Ia juga menyebutkan kemungkinan di tahun depan akan ada perombakan roster dari divisi MLBB dan Free Fire, yang artinya EVOS Divine akan berubah.

“Kami langsung akan evaluasi (divisi Free Fire) secara menyeluruh tapi memang kami masih ada turnamen AXIS CUP. Kami akan memberi yang terbaik, untuk komunitas-komunitas kami yang datang dari jauh dengan hasil yang terbaik,” tambah dia.

EVOS Divine, EVOS Esports, FFML Season 8, Free Fire
Kredit: Garena

“Musim ini tidak ada pergantian (roster), musim lalu dan sekarang rosternya sama,”

“Awal tahun selalu jadi musim awal baru dimulai yang ditujukan hingga akhir tahun (di Free Fire) ada World Series (FFWS), jadi untuk 2024 kemungkinan ada perombakan,” terangnya.

Lebih lanjut, Oner menyebutkan bahwa dirinya akan dibantu staf khusus yang akan ditunjuk mulai tahun 2024 mendatang.

“Saya butuh beberapa orang untuk membantu membangun tim secara spesifik di MLBB dan Free Fire, itu yang akan kami jalankan di 2024,” katanya.

Bisa jadi, dari apa yang disampaikan Oner menjadi alasan sang pelatih Muhammad Farchan “Manay” Ridha mencari staf pelatih tambahan beberapa waktu yang lalu.

Manay sudah menjadi bagian dari EVOS selama hampir 4 tahun. Posisinya sebagai pelatih dan dahulu memimpin tim sangatlah penting.

EVOS ONER, EVOS Manay, EVOS Javra dan Wibowo Tan | Kredit: ONE Esports

Entah Manay diberikan posisi baru di EVOS, hal itu belum terjawab. Meski begitu, perubahan besar memang dibutuhkan EVOS Divine agar mereka mampu bertahan dan kembali ke tahta juara di mana tim tersebut seharusnya berada.

Ikuti akun resmi ONE Esports di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan kabar terkini esports, hasil pertandingan, gosip transfer dan update harian lainnya.

BACA JUGA : Jadwal lengkap FFWS 2023 Bangkok, format, hasil dan cara menonton

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *