Apakah rumor Manay pensiun is real?

Rumor tentang Manay pensiun mencuat setelah FFML Season 8 berakhir. Memang, EVOS Divine harus berbesar hati menerima kekalahan.

Pelatih mereka, Muhammad Farchan “Manay” Ridha menjadi salah satu orang yang cukup terpukul atas kekalahan tersebut. Pasalnya, sepanjang tahun 2023 EVOS Divine belum ada merengkuh piala FFML, hanya gelar juara League Phase FFML Season 7 saja mereka bisa kantongi.

EVOS Divine, FFML Season 7, EVOS Esports, FFML, Free Fire
Kredit: ONE Esports

Ditambah dengan Free Fire tak dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2023, maka nihil sudah kans bagi EVOS Divine mengangkat piala kompetisi tier S/A.

Isu mengenai Manay pensiun muncul, dan hal itu dinilai cukup beresiko bagi kelangsungan EVOS Divine nantinya.

Lantas benarkah isu Manay pensiun akan menjadi nyata? Atau hanya sebuah isu sesaat saja yang akan sirna seiring waktu?


Pihak manajemen EVOS angkat bicara tentang rumor Manay pensiun

EVOS Manay, Manay, EVOS Divine, FFML, Free Fire
Kredit: Manay

Rumor mengenai Manay pensiun awalnya bermula dari unggahan pada Instagram Manay sendiri di mana ia menuliskan semacam ‘pesan perpisahan’.

“Maaf, perjalanan sudah cukup panjang. Terima kasih semua, goodbye kompetitif,” tulis Manay.

EVOS Divine finis di posisi ke-5 berada di bawah Bigetron Delta, dan POCO Star serta RRQ Kazu dan Team Thorrad yang menjadi juara.

Thorrad, FFML Season 8, Free Fire
Kredit: Dhonazan Syahputra/ONE Esports

Hasil tersebut membuat EVOS Divine kembali gigit jari usai mereka finis di posisi yang sama pada Grand Final FFML Season 7.

EVOS absen dari kompetisi internasional di pertengahan 2023, Free Fire SEA Invitational dan kini juga melewatkan Free Fire World Series (FFWS).


Menanggapi unggahan Manay, manajer EVOS Divine Rian “RR” Rahadian angkat bicara pada acara Vidio Planet Esports.

Rian menyatakan jika ia tidak bisa menerima keputusan sepihak dari Manay tentang pensiun dari scene. Rian menduga itu hanya luapan emosi Manay semata karena hasil yang tidak sesuai ekspektasi seluruh fans EVOS Divine.

“Setelah kita kalah dia up (membuat) story (di Instagram), dari saya pribadi pun tidak tahu. Dia bilang mau pamit dari kompetitif lah dan saya langsung mencari (tahu) dong kenapa? Saya sendiri pun tidak terima,” ucap Rian dilansir dari RevivaL TV.

EVOS Divine, EVOS Esports, FFML Season 8, Free Fire
Kredit: Garena

“Maksudnya saya sebagai (orang) yang kerja sama dia dari lama mungkin yang saya bisa lihat dari sudut pandangnya Manay pun ya siapa yang tidak sakit hati sih kalau dicela sama netizen begitu,” tambah dia.

“Apalagi kami sudah satu tahun ini absen (di turnamen) internasional, dua kali FFWS kami absen. Mungkin dari Manay, yang bisa saya lihat dia lagi capek dan emosi saja, menurut saya ya,” pungkas dia.

Memang cukup riskan jika isu Manay pensiun terus beredar di kalangan para fans. Namun, saat ini Divine dibantu seorang analist, Ahmad Fadly “Afm” Masturoh.

FFML Season 8, EVOS Divine, EVOS Esports, Afm, EVOS Afm, Free Fire
Kredit: ONE Esports

Jika benar Manay pensiun nantinya diumumkan, estafet kepelatihan otomatis turun ke Afm dan EVOS Divine akan memulai babak baru.

Untuk sementara, kita tunggu saja seperti apa situasi EVOS Divine dan Manay. Semoga di antara kedua pihak dalam keadaan baik-baik saja.

Ikuti akun resmi ONE Esports di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan kabar terkini esports, hasil pertandingan, gosip transfer dan update harian lainnya.

BACA JUGA : Membedah kekuatan Thorrad, sang juara FFML Season 8

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *