Daftar juara FFWS (Free Fire World Series), inilah tim terbaik Free Fire di dunia!

Daftar juara FFWS disusun berdasarkan catatan gelaran turnamen Free Fire Dunia diadakan (dari tahun 2019 hingga 2023) dan tercatat 5 tim besar dari 3 negara sudah meraih hadiah gelar juara yang prestisius ini.

Free Fire World Series (FFWS) merupakan salah satu turnamen internasional Free Fire yang dahulu bernama Free Fire World Cup (FFWC) pada gelaran pertamanya.

Diadakan pertama kali di Thailand, FFWS tercatat sudah 4 kali digelar dalam kurun waktu 4 tahun terakhir (2019-2023), gelaran ini akhirnya diadakan satu tahun sekali atau akan digelar setiap akhir tahun.

Mempertandingkan 12 tim terbaik dari seluruh dunia (Asia, Amerika, Eropa, MENA) FFWS di setiap tahun selalu memberikan suguhan terbaik dari setiap tim Free Fire terbaik dari setiap region.

Walau saat ini mungkin masih di dominasi oleh negara-negara Asia dan Brazil namun tidak tertutup kemungkinan, regional lain siap bersaing.

Prize pool yang diberikan cukup fantastis, lebih dari US$1 juta diberikan di FFWS. Di setiap tahun, turnamen akbar kelas dunia ini terbagi atas dua tahapan dimulai dari babak Play-Ins dan juga diakhiri dengan Grand Final.

ONE Esports kali ini akan membahas, siapa sajakah tim-tim Free Fire terbaik di dunia yang pernah meraih gelar juara pada ajang Free Fire World Series (FFWS).


Daftar juara FFWS: Para penguasa Free Fire dari masa ke masa

FFWS 2022
Kredit: Garena

Free Fire World Series (FFWS) tercatat sudah 4 kali digelar di 3 negara yang berbeda. Mulai yang pertama masih bernama Free Fire World Cup pada 2019 di Thailand, gelaran Free Fire World Series kedua di tahun 2019 di Brazil, tahun 2021 di Singapura.

Pada tahun 2022 FFWS digelar di Bangkok, Thailand di mana semua tim Free Fire terbaik bertanding di negeri para juara.

Berikut adalah daftar para juara FFWS dari masa ke masa:

TURNAMEN TIM JUARA FINAL REWARD
FREE FIRE WORLD CUP 2019, THAILAND EVOS CAPITAL US$50 ribu + Trophy
FREE FIRE WORLD SERIES 2019, BRAZIL CORINTHIANS US$200 ribu + Trophy
FREE FIRE WORLD SERIES 2021, SINGAPURA EVOS PHOENIX* US$500 ribu + Trophy
FREE FIRE WORLD SERIES 2022, SINGAPURA ATTACK ALL ARROUND US$500 ribu + Trophy
FREE FIRE WORLD SERIES 2022, THAILAND EVOS PHOENIX US$500 ribu + Trophy
FREE FIRE WORLD SERIES 2023, THAILAND MAGIC SQUAD US$300 ribu + trophy

*EVOS Phoenix dalam gelaran FFWS 2021 menggunakan nama Phoenix Force dikarenakan regulasi yang tidak memperkenankan dua tim dalam organisasi yang sama bertarung dalam turnamen ini


1. EVOS Capital (Indonesia)

EVOS Capital FFWC 2019
EVOS Capital FFWC Champion 2019

EVOS Capital merupakan tim yang berhasil masuk dalam daftar juara FFWS setelah mereka menjadi juara (Inaugural Champion) FFWC 2019 Bangkok, Thailand.

EVOS yang kala itu mengakuisisi Capital Esports diperkuat oleh Saeful “SAM13” Muharrom (dulunya IGN MR13), Regi “MR05” Pratama, Muhammad Farchan “Manay” Ridha dan Naufal “Cupay” Ibrahim bersama Hilmy “Hiruma” Khairy sebagai manajer.

Walau di turnamen ini EVOS Capital awalnya tak begitu mencolok. SAM13 dkk memberikan semua kekuatan mereka hingga akhir pertandingan dan mereka, dinobatkan menjadi juara dunia Free Fire yang pertama mewakili Indonesia.


2. Corinthians (Brazil)

Daftar juara FFWS
Corinthians Free Fire as FFWS 2019 Champion | Kredit: Corinthians FF (Instagram)

Menjadi tuan rumah, tim-tim wakil Brasil belajar banyak dari turnamen sebelumnya di FFWC 2019 Thailand di mana mereka tidak meraih hasil yang diharapkan.

Sebagai juara, Corinthians yang kala itu diperkuat oleh Bruno “Nobru” Goes sukses merebut kejayaan di dengan menjadi juara FFWS 2019 Rio.

Menutup tahun 2019 menjadi kejayaan bagi Brasil seiring mereka merayakan kemenangan sekaligus di lain sisi merayakan kolaborasi akbar bersama DJ Alok.

Alok Awakening Free Fire, Alok, Free Fire
Kredit: Garena

Hingga kini mereka masih berusaha untuk kembali berjaya dengan berbagai wakil terbaik di FFWS tahun berikutnya.


3. EVOS Phoenix/Phoenix Force (Thailand)

Daftar juara FFWS
Phoenix Force as FFWS 2021 Champion | Kredit: Phoenix Force FF (Instagram)

Sebagai negara yang berambisi keras untuk menjadi juara, Thailand merupakan salah satu most improvement region di tahun 2021.

Thailand diwakili oleh EVOS Thailand yang harus diganti namanya menjadi Phoenix Force karena saat itu EVOS Divine turut serta mewakili Indonesia.

Tampil dengan nama berbeda tidak menjadi masalah bagi DLong dkk, mereka tetap tampil gahar berjuang menjadi juara dunia setelah 2 seri sebelumnya gagal.

Akhirnya, Phoenix Force keluar sebagai pemenang dan mengukir nama mereka pada daftar juara FFWS pada tahun 2021.


4. Attack All Arround (2022)

Attack All Arround - FFWS 2022 Sentosa
Attack All Arround as FFWS 2022 Champion | Kredit: Attack All Arround (Facebook)

Hadir dengan lineup yang lebih menjanjikan, Attack All Arround sukses mengukir namanya di daftar juara FFWS pada tahun 2022.

Kekuatan baru bersama Keroro, JLX dan Folkky memperkuat lineup. Hoysang menjadi IGL, Jazper menjadi pelatih.

Walau rekan mereka, EVOS Phoenix lebih meyakinkan untuk mempertahankan gelar juara, AAA tetap main bagus dan optimistis berjaya.

Alhasil, buah perjuangan ‘the blues of Thailand’ tidaklah sia-sia. Mereka berhasil menikung jalur juara yang sudah diukir oleh EVOS Phoenix.

Kemenangan tersebut resmi membawa mereka masuk dalam juara FFWS serta membuat Thailand menjadi negara yang mendominasi.


5. EVOS Phoenix

Sebagai tim yang dinilai ‘sakit hati’ usai tertikung rekan senegara sendiri, Attack All Arround, kini EVOS Phoenix kembali ke dalam jajaran daftar juara FFWS.

Memulai dari play-ins, tidak menyurutkan kekuatan EVOS di FFWS 2022 Bangkok. Bermain di rumah sendiri, motivasi Piyapon “TheCruz” Boonchuay dkk untuk menjadi 2 kali juara FFWS sangat kuat kali ini.

EVOS Phoenix, EVOS Esports, FFWS 2022 Bangkok, Free Fire
Kredit: FF Esports ID

Bersaing dengan rekan mereka, Nigma Galaxy tidak membuat EVOS gentar. TheCruz dkk berfokus untuk menjadi juara di akhir turnamen.

Gelar juara diraih, akhirnya mereka menjadi tim pertama dalam daftar juara FFWS sukses mengoleksi total dua trofi juara dunia Free Fire.


6. Magic Squad

Tim Kuda Hitam asal Brasil ini memang sudah begitu ambisius mengejar gelar juara FFWS dari tahun lalu mereka menjadi runner-up FFWS 2022 Bangkok.

Hadir dengan kekuatan yang terbarukan, Tiago “Bops” Carvalho dkk membawa gaya main ala Brasil yang sangat agresif namun penuh presisi.

Mengemas 3 kali BOOYAH di Grand Final FFWS 2023, Magic Squad mengungguli Buriram United Esports dan CGGG yang sempat memegang keunggulan.

Magic Squad, juara FFWS 2023, FFWS 2023, Free Fire
Kredit: FF Esports ID

Tanpa basa-basi, tentu saja Magic Squad keluar sebagai juara FFWS 2023 Bangkok dan mengukir kembali nama Brasil sebagai tim Free Fire terbaik di dunia.

Ikuti akun resmi ONE Esports di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan kabar terkini esports, hasil pertandingan, gosip transfer dan update harian lainnya.

BACA JUGA : Jadwal lengkap FFWS 2023 Bangkok, format, hasil dan cara menonton

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *